Pages

Rabu, 23 November 2011

Tumbuhan Lumut (BRYOPHYTA)


Tumbuhan lumut sering kita jumpai di daerah yang lembab, menyerupai beludru berwarna hijau karena mengandung klorofil. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan darat (terrestrial) yang pertama dan merupakan tumbuhan peralihan dari tumbuhan talus ke tumbuhan kormus. Tumbuhan kormus adalah tumbuhan yang memiliki akar, batang dan daun sejati.

Tumbuhan lumut belum memiliki akar, batang dan daun sejati. Akarnya berupa rizoid (akar semu). Rizoid berfungsi sebagai alat untuk melekatkan diri pada substrat/tempat melekat dan menyerap air serta zat-zat hara.

Akar, batang dan daun tumbuhan lumut tidak memiliki jaringan pembuluh xilem dan floem. Tumbuhan lumut mengalami pergiliran keturunan antara generasi sporofit (generasi yang menghasilkan spora) dan generasi gametofit (generasi yang menghasilkan sel kelamin/gamet). Pergiliran keturunan seperti ini disebut metagenesis. Tumbuhan lumut yang kita lihat sehari-hari adalah generasi gametofit.
Tumbuhan lumut dibagi menjadi 3 kelas, yaitu:

1. Lumut hati (Hepaticopsida)
2. Lumut tanduk (Anthocerotopsida)
3. Lumut sejati (Bryopsida)

Lumut Hati (Hepaticopsida)

Lumut hati berbentuk lembaran. Pada bagian bawah lembaran daun, tumbuh rizoid yang berfungsi untuk menempel dan menyerap zat hara.
Lumut hati hidup menempel di atas permukaan tanah yang lembab dan ada juga yang terapung di air.

Contoh lumut hati antara lain:
a. Ricciocarpus natans, hidup terapung di air



Lumut Tanduk(Anthocerotopsida)
Bentuk tubuh lumut tanduk berupa lembaran yang ujungnya bercabang-cabang menyerupai tanduk, sehingga disebut lumut tanduk. Lumut tanduk dapat kita jumpai di tepi sungai, danau atau di sepanjang selokan.

Contoh lumut tanduk adalah Anthoceros
Lumut sejati tumbuh di tanah, tembok dan tempat-tempat terbuka. Batang tegak, bercabang-cabang dan berdaun kecil-kecil. Lumut ini mirip dengan rumput tetapi pendek.

Contoh lumut sejati adalah Polytrichum banyak menempel pada batu bata dan Sphagnum (lumut gambut) hidup di rawa-rawa.

b. Marchantia polymorpha, hidup di permukaan tanah, pohon atau tebing yang lembab




0 komentar:

Poskan Komentar